header-int

KULIAH UMUM BELA NEGARA STKIP PGRI BANJARMASIN

Selasa, 22 Okt 2019, 08:37:11 WIB - 85 View
Share
KULIAH UMUM BELA NEGARA STKIP PGRI BANJARMASIN

Sabtu, 19 Oktober 2019, STKIP PGRI Banjarmasin mengadakan Kuliah Umum Bela Negara dengan tema “Membentuk Karakter Mahasiswa yang Cinta Tanah Air dan Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila”. Pembicara kuliah umum ini adalah instruktur nasional alumni Lemhannas RI, Ahyar Rasyidi, M.Pd.I. yang juga seorang dosen di lingkungan LLDIKTI wilayah XI. Kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 160 peserta yang merupakan mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin dari 7 program studi yang mengambil mata kuliah Pramuka.

                Akhmad Humaidi, M.Pd. selaku wakil ketua III STKIP PGRI Banjarmasin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya perguruan tinggi untuk melaksanakan program kerja kemahasiswaan untuk mewujudkan STKIP PGRI Banjarmasin yang unggul, profesional, dan berkarakter. Isu-isu radikalisme dan intoleransi beberapa bulan terakhir juga menjadi bahan pertimbangan untuk mengadakan kegiatan ini.

                Antusiasme mahasiswa juga terlihat dengan keaktifan mereka dalam bertanya. Salah satu peserta, Muhammad Badai Sajiwo dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyampaikan pertanyaan tentang bagaimana menyampaikan tentang pengamalan pancasila agar tidak membosankan. Hal ini dijawab oleh narasumber agar kita sebagai guru harus membuat kegiatan yang menarik dan melibatkan siswa tidak hanya berupa ceramah semata.

                Narasumber juga menyampaikan beberapa kesimpulan antara lain untuk membentuk karakter mahasiswa yang cinta tanah air maka sosialisasi tentang nilai-nilai pancasila perlu terus dilakukan. Selain itu kegiatan semacam ini juga perlu terus dilaksanakan secara masif untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.  

Unidha STKIP PGRI Banjarmasin salah satu Sekolah Tinggi di banjarmasin
© 2019 STKIP PGRI BANJARMASIN Follow STKIP PGRI BANJARMASIN : Facebook Twitter Youtube