header-int

Workshop Penggunaan LaTeX dan LyX untuk Penulisan Skripsi

Rabu, 30 Jan 2019, 16:34:03 WIB - 138 View
Share
Workshop Penggunaan LaTeX dan LyX untuk Penulisan Skripsi

Program Studi Pendidikan Matematika kembali mengadakan Seminar Internal, Seminar internal merupakan salah satu kegiatan rutin yang di adakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika dalam rangka terus menghidupkan suasana akdemik d lingkungan kampus STKIP PGRI BANJARMASIN. Kali ini, seminar internal dikemas dalam bentuk workshop. Penggunaan LaTeX dan LyX untuk penulisan skripsi menjadi tema utama dalam kegiatan kali ini.

Materi disampaikan oleh Dr. Benny Nawa Trisna, M.Pd. dibantu juga okeh M.F. Atsnan, M.Pd. dan Arifin Riadi, M.Pd. Baik mahasiswa maupun dosen tampak antusias dan mencoba secara langsung program yang masih baru bagi semua peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus memberikan alternatif bagi mahasiswa dalam menulis skripsi dan karya tulis ilmiah lain nya, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen prodi Pend Matematika dan 136 mahasiswa.

Diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan hari ini dan mengambil manfaat dalam penyusunan laporan tugas perkuliahan, skripsi, dan karya ilmiah lainnya.

Dr. Hj. Dina Huriati, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika mengatakan "TEX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukan menghasilkan dokumen yang berisi simbol-simbol matematik. Perangkat lunak TEX memiliki kemampuan yang baik untuk mengolah dokumen-dokumen yang berkualitas tinggi.  Dalam perkembangannya TEX menambahkan perintah-perintah dalam pengolahan data. Perangkat lunak ini kemudian dikenal sebagai  LaTeX dan LyX adalah program yang digunakan untuk mengetik berbagai macam dokumen, mulai dari memo, surat, laporan, dokumentasi software, buku, paper, novel dan lain-lain. LyX merupakan salah satu front-end LaTeX yang berbasis GUI, yang dapat dijalankan pada hampir semua platform sistem operasi ".

LaTeX yang bekerja di balik aplikasi LyX merupakan text-processor yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan word processor, di antaranya adalah konsistensi, referensi silang dan penempatan gambar/tabel secara otomatis, serta penyusunan pustaka yang konsisten.  
LyX atau LaTeX  dibuat agar pengguna tidak terlalu pusing untuk mengurusi formatting, labelling, formula, placing, dll pada dokumen.

Harapan ke depan nya dari kegiatan ini adalah 
1. Kegiatan ini dharapkan tidak berhenti sampai dsini 
2. Kami merencanakan untuk melaksanakan Lessun Studi di kampus dan sekolah serta open class lanjutan.
3. Sekolah target adalah sekolah yg sdh bekerjasama dengan Prodi Pend Matematika yang tergabung dalam MGMP MATEMATIKA, baik di tingkat pendidikan Dasar maupun menengah

 

Unidha STKIP PGRI Banjarmasin salah satu Sekolah TInggi di banjarmasin
© 2019 STKIP PGRI BANJARMASIN Follow STKIP PGRI BANJARMASIN : Facebook Twitter Youtube