header-int

Bedah buku Menyilak Sastra Banjar

Rabu, 20 Mar 2019, 23:26:53 WIB - 159 View
Share
Bedah buku Menyilak Sastra Banjar

Rabu (20/03/2019) – Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia menyelenggarakan Bedah Buku dengan tema “Menyilak Sastra Banjar” yang bertempat di aula STKIP PGRI Banjarmasin, acara ini menghadirkan narasumber Jamal P.Suryanata (Penulis Buku Parang Maya), Dr. Hatmiati Masy’ud, M.Pd. (Penulis Buku Pilanggur), dan Dr. Hj. Ida Komalasari, M.Pd. (Penulis Buku Setipis Apam Barabai). Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Diskusi dan Apresiasi Tiga Kumpulan Kisdap Banjar.

Ketua pelaksana kegiatan  Bedah buku, Ibu Fajarika Ramadhania,M.Pd. menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan Suatu bentuk apresiasi terhadap karya sastra orang banjar. Kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan kecintaan kita terhadap bahasa Indonesia khususnya Bahasa banjar. Jumlah peserta dalam kegiatan ini kurang lebih 250 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan perwakilan dari balai Bahasa dan 300 lebih buku terjual dalam kegiatan ini. “Tidak lupa kami juga berterimakasih kepada seluruh pendukung untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini terutama kepada pihak Lembaga STKIP PGRI Banjarmasin dan Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia,” Pungkasnya.

Dalam sambutannya Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Ibu Dr. H. Ida Komalasari, M.Pd. menyatakan bahwa Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengupas kembali isi Buku Pilanggur, Buku Parang Maya, dan Buku Setipis Apam Barabai secara ringkas serta memberikan saran terhadap kekurangan dan kelebihannya. Kegiatan ini juga dimaksudkan agar lulusan STKIP PGRI Banjarmasin khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia tidak hanya bisa jadi guru namun juga bisa jadi penulis, editor, wartawan, atau MC. Karena itu lah dihadirkan penulis-penulis yang sudah berpengalaman, sehingga nantinya dalam kegiatan ini kita bisa mengetahui bagaimana cara menulis dan mempublikasikannya. “semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut sesuai dengan visi misi yaitu melestarikan kearifan lokal,”harapnya.

Sementara itu Pa Dr. H. M. Royani, M.Pd. yang mewakili Ketua STKIP PGRI Banjarmasin menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan harus sering digalakkan karena disamping memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa, juga sangat bermanfaat untuk institusi dan program studi karena kegiatan seperti ini merupakan salah satu poin dalam komponen penilaian akreditasi. saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah penulis-penulis baru terutama dari STKIP PGRI Banjarmasin. (der)

Unidha STKIP PGRI Banjarmasin salah satu Sekolah TInggi di banjarmasin
© 2019 STKIP PGRI BANJARMASIN Follow STKIP PGRI BANJARMASIN : Facebook Twitter Youtube